Memberdayakan dan Mensejahterakan Umat

Kemiskinan dan ketidakberdayaan umat selalu menjadi masalah umat Islam. Walaupun bangsa ini telah menghirup angin kemerdekaan 62 tahun, kemiskinan menjadi masalah klasik. Yayasan Masjid Mujahidin (YMM) yang telah berkiprah selama lebih dart setengah abad melayani umat, bertekat melakukan perbaikan bagi umat ini, salah satunya de-ngan meresmikan berdirinya Lembaga Amal Mujahidin (LAM) yang bergerak di bidang pengelolaan zakat, infaq, dan shadaqah (ZIS) dalam mengentaskan kemiskinan. Bagaimana kiprah lembaga ini ke depan, berikut wawancara khusus Redaktur Suara Mujahidin, Triono, dengan Ketua LAM Zein Musta'in SE.


Apa visi LAM untuk menjawab kondisi umat Islam saat ini?
Visi Lembaga Amal Mujahidin (LAM) adalah menciptakan lembaga yang mampu meningkatkan kualitas umat dalam beribadah dan mengabdi kepada Allah Swt, memberdayakan dan mensejahterakan masyarakat pada umumnya.

Apa misi LAM dalam mengatasi masalah kemiskinan di negeri ini.
LAM berusaha memberdayakan dan mensejahterakan umat berdasarkan syariat Islam dan ridha Allah Swt.

Mengapa diambil nama ini dan bukan lembaga amil zakat atau lembaga sosial Mujahidin.
Karena dengan nama LAM, cakupan kegiatan yang bisa ditangani lebih luas, seperti pengiriman da'i/da'iyah, pemberian santunan kepada anak yatim piatu, pemberian bantuan pengobatan bagi fakir miskin dan dhuafa, dan pemberian bantuan bea siswa, karena kami non profit oriented. Awalnya direncanakan BMT, tapi cakupannya akan lebih sempit, karena langsung dibawah Dinas Koperasi.

Apa maksud slogan Berdaya dan Sejahtera.
Berdaya, maksudnya dapat menciptakan kemandirian bagi para mustahik (8 asnaf), baik mandiri dalam bidang ekonomi, pendidikan, maupun yang lainnya. Sejahtera, berarti: setelah berdaya para mustahik harus mengalami perubahan ke arah kehidupan yang lebih baik.

Bagaimana manajemen pengelolaan dana yang diterima.
Dikelola secara Amanah, maksudnya semua tersalurkan sesuai dengan akadnya dan dapat dipertanggung jawabkan. Profesional, maksudnya terukur dan terlaporkan secara tertulis serta dapat dibaca oleh semua pihak. Transparan, maksudnya siap diaudit kapanpun dan oleh pihak manapun tentunya bagi yang berwenang, seperti akuntan publik, badan pengawas, dan pihak yayasan.

Apa kelebihan LAM dibanding dengan lembaga pengelola zakat yang lain.
Donatur LAM yang nilai donasinya minimal Rp 50 ribu per bulan akan otomatis menjadi anggota sinoman dan bebas biaya pendaftaran. Selain itu penyebaran informasi tentang LAM, pencarian calon donatur dan pengambilan sumbangan ke donatur, LAM melibatkan para guru, karyawan dan siswa di lingkungan YMM. Sebagai informasi, nantinya setiap 1 minggu sekali, LAM akan menyapa para donatur dan calon donatur melalui program dinamika donatur di radio SPJ, pendengar boleh memberikan masukan dan bertanya tentang LAM.

Apa program dalam waktu dekat ini.
Yang pasti LAM akan membantu perjuangan dakwah melalui pondok pesantren dan lembaga pendidikan, dan insyaAllah sudah ada alokasi dana sebesar 10% untuk kegiatan tersebut. Selain itu LAM juga akan melakukan kegiatan penyaluran dana ZIS kepada 8 asnaf pada bulan suci Ramadhan ini, dan akan membagikan bingkisan lebaran (parcel dakwah) untuk anak-anak yatim piatu, orang miskin, tukang becak, dan kaum dhuafa lainnya.

Apakah LAM akan menerima penyaluran dana dari pihak non Muslim
Pada prinsipnya dana yang dikelola LAM hanya untuk orang muslim, tapi andaikata ada pihak-pihak non muslim yang ingin menyalurkan dananya melalui LAM, akan kami bantu untuk mengarahkan ke mana sebaiknya dana tersebut disalurkan, itupun harus melalui rapat pengurus.

Sebagai lembaga baru, bagaimana sikap Anda terhadap banyaknya lembaga sejenis yang sudah ada di Surabaya
LAM menganggap bahwa lembaga sejenis tersebut sebagai mitra kerja yang saling menguatkan satu dengan yang lainnya, sekaligus LAM ingin tampil dengan warna dan manajemen yang khas. Karena target utama kami, LAM harus dapat memberdayakan dan mensejahterakan guru. karyawan serta jamgah masjid Mujahidin terlebih dahulu, setelah itu baru untuk lingkungan luar masjid Mujahidin.

DI usianya yang baru, apa yang membuat Anda yakin semua program dapat berjalan dengan baik
Seperti teori manajemen dari Mario Teguh, dia mengatakan "Melangkahlah Anda sebelum Anda siap, karena kesiapan tersebut dapat menjadi hambatan bagi langkah Anda".
Karena itulah dengan keterbatasan yang kami miliki, kami yakin dapat memberikan yang terbaik bagi umat. Selain itu prinsip kami, dimana anda hidup dan disana anda menghidupkan masjid/mushala, pasti anda akan diberikan hidup yang lebih balk oleh sang pemilik kehidupan Allah Swt.

Apa pecan dan harapan anda kepada umat muslim di Surabaya untuk LAM.
Sadarilah bahwa masih banyak di luar sana orang yang membutuhkan uluran tangan kita, karena itu kami berharap kepada para jama'ah, alumni, mantan guru/karyawan, wall murid dan masyarakat Surabaya pada umumnya, dapat ikut andil dan berperan serta aktif dalam membesarkan LAM, yaitu dengan menjadi donatur LAM. Yang perlu diingat adalah LAM merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari masjid Mujahidin. (*)

EDISI 1 TAHUN KE-1 RAMADHAN-SYAWAL 1428 H OKTOBER 2007

Mengenal Kiprah LAM

 
© design by ranggadk - manage by Zein Musta'in, SE created 2008